Emulator PSX untuk MacOS

Hai !
Ada yang tiba-tiba nostalgia ingin main game PlayStation 1? Saya salah satunya, dan berhasil meng-install Emulator-nya di MacOS hehehe..
Mungkin begitu banyak blog lain yang sudah membagi cara bagaimana memasang Emulator PSX di Windows, Android dan lain-lain, tapi karena kebetulan aku pengguna Machintosh, aku berbaginya tentang ini saja ya.
Ok, jadi banyak di luar sana yang meng-install Windows terlebih dahulu untuk bisa bermain PSX di MacOS, tapi jangan khawatir karena untuk MacOS (OS X) 10.11 or di atasnya, bisa langsung download OpenEmu. Aku downloadnya di OpenEmu.
Halaman depan OpenEmu.org
Nah, buat pengguna MacOS yang sudah disebutkan di atas tadi bisa langsung aja klik 'Download Now' dan gratis. Namun, OpenEmu ini tidak bisa digunakan langsung setelah di-install, saya kurang ngerti gimana ngejelasinnya yang pasti ada 3 buah file.BIN yang musti di drag and drop di aplikasi ini setelah dibuka. File-file itu:
  1. SCPH-5500.BIN
  2. SCPH-5501.BIN
  3. SCPH-5502.BIN
Buat yang belum mengerti maksudnya, bisa lihat di video berikut:
"Thanks to Nick Hammaker for this tutorial."
Ikuti saja caranya. File legal BIOS .BIN yang disebut tadi bisa download disini.
Kemudian, kalian bisa download game-gamenya di EmuParadise. Tinggal ketik aja game apa yang dicari atau klik saja di pilihan abjad yang tertera di situ.
Yang membedakan OpenEmu dan emulator lainnya adalah file game yang akan digunakan itu harus ada file .bin dan .cue nya teman-teman. Jadi kalau kalian download tanpa file .cue nya, sama sekali ga jalan. Jadi, pastikan saja kedua jenis file tersebut ada dalam 1 game.
OpenEmu ini tidak hanya menyediakan emulator untuk PSX saja lho, banyak tapi untuk PS2 kayaknya belum ada (belum coba juga).
Tampilan OpenEmu yang saya download.
Sekian dulu penerangan singkatnya, kalau ada pertanyaan dan kebetulan saya bisa bantu jawab akan saya jawab, tetapi kalau selebihnya saya tidak tahu, saya mohon maaf ya. Selamat mencoba 😁

Comments